Download dan Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Download dan Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Cara download sertifikat vaksinasi covid-19 dan cetak menjadi kartu seperti ATM/KTP agar mudah dibawa.

Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19 saat ini menjadi syarat utama bagi anda yang akan melakukan perjalanan luar kota, dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Untuk anda yang hendak melakukan perjalanan luar kota, anda akan melewati gerbang penjagaan satgas PPKM, dimana anda harus menunjukan bukti bahwa anda sudah melakukan Vaksinasi Covid-19, minimal menunjukan sertifikat Vaksin dosis pertama.

sertifikat vaksin kartu

Hal ini terkait dengan diberlakukanya PPKM Darurat di seluruh kota yang masa berlakunya terus diperpanjang. Memang belum ada aturan khusus atau himbauan resmi dari pemerintah yang mengatur tentang sertifikat vaksinasi covid-19 ini sebagai dokumen perjalanan.

Aturan tentang pelaku perjalanan di masa PPKM ini sudah diatur dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 No. 7 Tahun 2021. Yang isinya mengatur tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negri pada Masa Pandemi covid-19.

Didalamnya dijelaskan tentang aturan yang menyebut masih diberlakukanya sejumlah tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan, dan sebagian tes acak yang dilakukan otoritas.

SE Satgas Covid-19 No. 7 tahun 2021 PDF

Dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) Juga belum mengeluarkan aturan apakah sertifikat Vaksinasi Covid-19 bisa digunakan sebagai dokumen perjalanan luar negri.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksinasi Covid 19

Untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi ini sebenarnya hanya dengan melakukan/ikut vaksinasi. Vaksinasi ini bisa anda dapatkan secara gratis dengan mengikuti program yang telah dilaksanakan pemerintah saat ini guna menanggulangi dampak Covid-19.

Anda bisa mendaftarkan diri di fasilitas kesehatan dimana sedang dilakukan program vaksinasi. Setelah anda selesai mengikuti vaksinasi dosis pertama, anda akan mendapatkan sertifikat vaksinasi dosis 1 yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang sudah Anda daftarkan berupa link download sertifikat.

Untuk vaksinasi dosis 2 akan dilaksanakan ditempat yang sama dimana anda melakukan vaksinasi dosis pertama, dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Sertifikat Vaksinasi Covid-19 hanya bisa didapatkan setelah melakukan vaksin. Percobaan penduplikatan/pemalsuan sertifikat bisa dijerat pidana.

Sudah Vaksin tapi Belum Dapat SMS Sertifikat Vaksinasi

Anda tidak perlu khawatir dulu kalau anda belum mendapatkan SMS link sertifikat setelah anda melakukan vaksinasi. Hal ini dikarenakan data anda sedang diproses dan baru akan muncul sekitar 2-3 hari setelah anda melakukan Vasinasi.

Tapi tidak jarang sertifikat ini akan dikirimkan sehari setelah vaksinasi Covid-19. SMS ini biasanya dikirim dari nomor 1199, anda bisa mencari di list SMS anda barangkali sudah mendapatkan SMS dari nomor tersebut.

Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid 19

Selain dari SMS yang dikirim daei nomor 1199, Anda juga bisa mengunduh sertifikat vaksinasi anda melalui situs Pedulilindungi.id.

Sebelum itu pastikan anda sudah mempunyai akun di laman tersebut. Jika belum anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka laman Pedulilindungi.id
  2. Klik "login/register" di pojok kanan atas
  3. Klik "buat akun Pedulilindungi"
  4. Masukan data lengkap beserta nomor ponsel
  5. Klik "Buat Akun"
  6. Kode Verifikasi akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang anda daftarkan tadi.
  7. Masukan 6 digit kode verifikasi.

Setelah berhasil membuat akun Pedulilindungi, anda akan diarahkan ke halaman dashboard. Untuk mengunduh sertifikat Vaksinasi anda, ikuti langkah berikut :

  1. Klik Menu di pojok kanan atas, lalu pilih profil/nama Anda
  2. Pilih "Sertifikat Vaksin"
  3. Pilih nama Anda
  4. Akan muncul sertifikat pertama dan kedua (Jika sudah melakukan dua dosis vaksin)
  5. Klik gambar sertifikat
  6. Lalu klik "Unduh Sertifikat"
  7. Selesai

File sertifikat yang sudah Anda download bisa anda cari di ruang penyimpanan anda dengan nama "Certificate.jpg"

Penyebab Sertifikat Vaksin Covid-19 Belum Muncul

Pada praktiknya, sertifikat vaksinasi akan otomatis dikirimkan dari 1199, namun kenyataanya masih banyak masyarakat yang tidak langsung mendapatkan sertifikat setelah melakukan suntik Vaksinasi Covid-19.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah peserta vaksinasi yang tidak mendaftarkan nomor handphone (HP) secara benar atau nomor yang didaftarkan tidak bisa digunakan. Selain itu, penyebab lainya adalah dikarenakan data peserta vaksinasi masih dalam proses input ke dalam sistem satudata. Sehingga estimasi waktu 2-3 hari diberikan untuk memastikan semua data sudah terinput dan terproses kedalam sistem.

Cara Mencetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Ada beberapa cara mencetak sertifikat vaksin yang bisa Anda lakukan. Sertifikat ini berupa gambar, sehingga bisa dicetak dalam banhyak media. Namun sebagai dokumen perjalanan untuk mempermudah saat dibawa kemana-mana, Anda bisa mencetaknya menjadi kartu, seperti KTP/ATM/SIM.

Bahan yang digunakan adalah lembaran pvc Khusus cetak atau ribbon ID Card kosong.

blank pvc idcard - masgrafis

Untuk cara ini khusus untuk Anda yang mempunyai printer (khusus ID Card). Jika tidak punya, anda bisa mencetaknya ke tempat percetakan terdekat.

Sebelum bisa dicetak sempurna, Anda harus mengedit gambar sertifikat vaksinasi agar nantinya pas dan sesuai dengan media ID Cardnya. Anda bisa mengeditnya sendiri menggunakan aplikasi Photoshop, berikut ini caranya :

  1. Buka aplikasi photoshop
  2. Masukan gambar Certificate.jpg tadi, bisa dengan drag/drop langsung ke jendela dokumen
  3. Pilih menu Image > Image Size atau shortcut tombol Ctrl+Alt+I
  4. Hilangkan tanda Checklist pada Constrain Proportion
  5. Ganti ukuran menjadi Centimeter
  6. Masukan ukuran Width: 8.6 cm dan Height: 5.4 cm
  7. Kemudian klik OK/Enter
  8. Setelah itu, klik menu File kemudian Print

Atau bisa anda simpan gambar yang sudah anda edit tadi dan anda bisa mencetaknya ke digital printing.

Proses cetak kartu vaksin - masgrafis

Jika anda tidak ingin repot mencetak kartu vaksin.Saya juga membuka jasa percetakan online. Anda bisa mencetak kartu vaksin dengan mengunjungi link marketplace di bawah ini.

Baca Juga

Ad

hello world('print')

4 komentar

  1. Mantap bang. Logonya ganti lagi😅
    1. masih labil bang, hhe
  2. Artikelnya snagat bermanfaat.
    1. Trimakasih, jangan lupa baca artikel lainya ya
Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code

Ad