Ikuti kami di Blogger atau di Google News
...
Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Cara instal Windows 10 dengan flashdisk bisa dilakukan sendiri di rumah. Kamu tidak perlu membawanya ke pusat servis jika mengikuti cara ini
Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Instal Windows 10 bisa Kamu lakukan sendiri dan tidak butuh waktu hingga berjam-jam. Bahkan hanya beberapa menit saja jika Kamu ikuti langkah yang saya siapkan ini.

Walaupun begitu, Kamu perlu menghubungkan laptop dengan charger saat proses instalasi berjalan. Hal itu dilakukan untuk menghindari laptop mati mendadak karena kehabisan baterai. Tentunya Kamu tidak mau gara-gara tidak ingin mengecas malah membuat proses instalasi jadi lama.

Kamu bisa menggunakan flashdisk yang bisa di-boot untuk membantu proses instalasi. Cara instal Windows 10 dengan flashdisk bahkan lebih mudah dan cepat dibanding menggunakan metode lain.

Cara Install Ulang Windows 10 dengan Flashdisk Tanpa Menghilangkan Data

Cukup hanya menggunakan flashdisk yang biasa Kamu gunakan setiap hari.

  1. Siapkan Flashdisk sebagai Media Instalasi

  2. Sebelum melakukan instalasi Windows 10, Kamu hanya perlu menyiapkan flashdisk yang akan menjadi media instalasi Windows 10 nantinya. Untuk spesifikasi flasdisk sendiri tidak susah. Kamu bisa memakai flashdisk yang biasa Kamu gunakan setiap hari dengan minimal kapasitas 10GB saja.

  3. Unduh Tool Media Instalasi

  4. Sebelumnya, download tool media instalasi. Tool ini bisa diunduh melalui laman resmi Microsoft. Untuk linknya bisa Kamu klik disini.

    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

  5. Simpan dalam PC Kamu

  6. Simpan hasil download tersebut di PC Kamu.

  7. Colokkan Flashdisk ke PC

  8. Kemudian, hubungkan flashdisk yang akan digunakan dengan PC. Sebaiknya, gunakan flashdisk kosong. Atau jika ada file-file penting didalamnya, Kamu bisa lakukan backup dulu sebelum memulai proses berikutnya.

  9. Jalankan File Media Instalasi

  10. Lalu, buka hasil download file sebelumnya dengan klik kiri dua kali.

    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

  11. Konfirmasi Device Change

  12. Pilih 'Ya' saat Kamu diminta konfirmasi perubahan perangkat.

    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk


  13. Setuju dan Lanjutkan

  14. Jika muncul pernyataan setuju. Untuk melanjutkannya, Kamu bisa klik 'Accept'.


    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk


  15. Pilih Jenis Media

  16. Dikarenakan Kamu ingin membuat flashdisk menjadi media instalasi, maka pilih ‘Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC’. Lalu, klik 'Next'.

    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk
  17. Pilih Bahasa dan Lainya

  18. Selanjutnya, atur language, edition, dan architecture. Jika checkbox 'Use the recommended options for this PC' masih tercentang, hapus centangan terlebih dahulu. Kemudian, pilih language, edition, dan architecture sesuai komputer yang ingin di-instal ulang. Kemudian, klik 'Next'.

    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk
  19. Pilih Flashdisk Yang Akan Dipakai

  20. Pilih media instalasi yang akan digunakan. Sebab, Kamu menggunakan flashdisk 'USB Flash Drive'. Selanjutnya, klik 'Next'.

    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk
  21. Lanjutkan Proses

  22. Pilih flashdisk yang ingin digunakan, kemudian klik 'Next'.

    Hati-hati sebelum memulai proses ini. Pastikan Kamu sudah melakukan backup file yang ada didalam flashdisk Kamu. Karena proses pembuatan Media instalasi Windows 10 ini akan menghapus seluruh isi Flashdisk Kamu.

    Tunggu hingga menginstal flashdisk Windows 10 selesai dibuat. Lama atau cepatnya tergantung dari kecepatan internet dan berapa ukuran data yang di-install. Jadi, pastikan jaringan internet yang Kamu gunakan sangat cepat.


    Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk
  23. Selesai

Terakhir, klik 'Finish'.

Jika proses pembuatan media instalasi di flashdisk sudah selesai, Kamu sudah bisa melakukan instal Windows 10. Berikut adalah cara instal Windows 10 dengan flashdisk

Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Cara instal Windows 10 dengan flashdisk bisa dilakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan flashdisk sebagai media instalasinya. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Hubungkan Flashdisk ke Komputer

  2. Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

    Hubungkan Flashdisk ke Komputer Hubungkan flashdisk yang sudah menjadi media instalasi ke komputer yang ingin di-instal. Nyalakan perangkat komputer, kemudian pilih opsi 'Boot sebagai USB flash drive'. Komputer akan masuk ke mode Windows Setup. Pilih bahasa, waktu, dan mata uang, serta bahasa. Lalu, masukkan keyboard yang akan digunakan. Jika sudah, klik 'Next'.

  3. Install dan Masukkan Product Key

  4. Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

    Instal dan Masukkan Product Key Klik 'Instal Now' dan Masukkan 'product key'. Namun, jika Kamu menggunakan Windows 10 bawaan dan mengunakan lisensi digital, klik tulisan 'I don't have product key'. Pilih versi Windows 10 yang akan di-instal, lalu klik 'Next'.

  5. Masuk ke Menu Persyaratan Lisensi

  6. Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk


    Masuk ke Menu Persyaratan Lisensi Kamu akan masuk ke menu persyaratan lisensi. Jika ingin melanjutkan, centang kotak 'I accept the license terms' dan klik 'Next'. Untuk menginstal Windows 10, pilih 'Custom: Install Windows only (advanced)'.

  7. Kosongkan Semua Partisi di Disk

  8. Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

    Kosongkan Semua Partisi di Disk Nantinya, akan muncul daftar semua partisi drive di komputer. Kamu harus mengosongkan semua partisi dari disk, di mana akan di-instal Windows 10. Biasanya, Disk C ditempatkan sebagai Drive 0, sehingga hapus semua Drive 0 dengan klik 'Drive 0' dan klik 'Delete' satu persatu. Setelah menghapus seluruh Drive 0, akan tersisa Drive 0 Unallocated Space, pilih drive tersebut dan klik 'Next'.

  9. Tunggu hingga Proses Instalasi Selesai

  10. Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

    Tunggu hingga Proses Instalasi Selesai Proses instalasi akan berlangsung. Tunggu hingga proses selesai dan komputer akan melakukan restart. Pastikan jika charger sudah terhubung jika Kamu menginstal Windows 10 di laptop.

    Setelah komputer masuk ke menu pengaturan awal, tKamunya proses instal Windows 10 sudah selesai.

Kesimpulan

Sekarang cara instal Windows 10 dengan flashdisk bisa Kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke tempat reparasi laptop dan komputer. Dan pastinya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Flashdisk yang barusan Kamu pakai sebagai media instalasi bisa dipakai lagi untuk install PC atau Laptop lainya. Dan sekarang Kamu juga bisa membuka jasa instalasi untuk teman atau tetangga Kamu. Selamat mencoba.

Baca juga

Advertisement

Dare to be Different!

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code