Ikuti kami di Blogger atau di Google News
...
Cara Setting Wifi Router Sendiri

Cara Setting Wifi Router Sendiri

Penjelasan lengkap dengan gambar cara setting wifi sendiri dirumah.
Cara Setting Wifi Router Sendiri

Kalau melihat kata "Free Wifi" apa yang pertama kali terpikir dibenak kalian? Pasti tertarik dan bahkan kemudian bisa saja kalian siapkan Smartphone untuk melakukan scan.

Seperti itulah “Free WiFi,” tulisan ajaib yang dapat menarik banyak orang. Karena di zaman sekarang hampir semua orang membutuhkan internet. Maka ini dijadikan daya tarik bagi kafe, tempat makan, bahkan warung di pinggir jalan.

Selain itu, wifi juga sudah jadi kebutuhan wajib untuk dipasang di rumah. Karena kalau diibaratkan sembako wifi sudah seperti nasi dalam keseharian kita

Nah untuk itu, lebih baik memasang router WIFI dirumah kalian sendiri! Bagaimana caranya? Simak caranya berikut ini.

Cara Setting Router WiFi sendiri di Rumah

Sebelum atau sesudah Kalian membelinya, ada baiknya Kalian mengetahui cara memasang router tersebut. Simak langkah-langkah pemasangannya di bawah ini:

1. Hubungkan Modem dengan Router

Pertama, sambungkan kabel jack pada router kemudian sambungkan kabel ke stopkontak. Sambungkan kabel LAN ke port WAN pada Router ke port LAN pada Modem. Pastikan semua terpasang dengan benar.

Disini kalian minimal sudan punya pengetahuan dasar tentang jaringan internet

Sebelum menghubungkan perangkat dengan jaringan kabel, pastikan router sudah mengenali perangkat modem.

2. Sambungkan Komputer ke Router

Cara Setting Wifi Router Sendiri
Sumber Gambar: Belkin

Setelah itu, sambungkan router dengan komputer dengan kabel LAN. Masukan kabel LAN ke port LAN komputer dan sambungkan ke port LAN yang ada di Router.

Agar koneksi stabil, jangan gunakan WiFi koneksi dari router untuk instalasi, karena Wi-Fi belum terkonfigurasi dengan baik.

3. Membuka Admin Router dan Log In

Cara Setting Wifi Router Sendiri
Sumber Gambar: TuneComp

Setelah semua terhubung, nyalakan komputer dan masuk web browser. Masukan alamat router untuk masuk ke dalam admin router misalnya 192.168.1.x. Kemudian masukan username dan password, secara default router baru biasanya adalah Admin.

Untuk iformasi lengkap mengenai IP Address dan juga User/Passwordnya bisa Kalian cek pada buku panduan router-nya. Kalian juga bisa melakukan hal ini dengan menggunakan CD instalasi yang sudah satu paket dengan router (khusus tipe lama).

4. Masukkan Informasi Mengenai Koneksi Internet

Cara Setting Wifi Router Sendiri
Sumber Gambar: PCWorld

Selanjutnya, Kalian perlu memasukan data dan konfigurasi router sesuai provider yang Kalian gunakan agar dapat terhubung dengan internet.

Selain itu, cek pula apa kah lampu internet, ethernet, dan lain-lain pada router sudah menyala dengan sesuai.

5. Setting Router

Menu setting router TP-Link
Sumber Gambar: TP Link

Terakhir lakukan pengaturan lain pada router Kalian. Sebaiknya Kalian tidak menggunakan nama bawaan dari router demi keamanan Kalian dapat mengganti nama SSID-nya.

Kalian juga perlu mengatur keamanan lain agar aman dari penyusup yang mencoba membobol jaringan Wifi kalian. Caranya dengan menambahkan fitur WPA2 Wireless Encryption, atau lebih umum dengan Password Wifi.

Cara Menggunakan Router

Setelah terpasang, pastinya Kalian akan segera menggunakannnya bukan? Berikut ini adalah beberapa tips penggunaan router:

6. Lakukan Pemasangan Kabel

Sebelum Kalian bisa mengakses WiFi di rumah, hal pertama yang perlu Kalian lakukan setelah membeli router adalah memasangnya. Lakukan instalasi kabel-kabel yang tersedia.

Sambungkan kabel-kabel tersebut sesuai arahan poin nomor satu dan dua. Tentu Kalian perlu memastikan bahwa kabel-kabel itu terpasang dengan benar.

7. Lakukan Instalasi Router

Setelah semua sudah terpasang, hal selanjutnya adalah Kalian perlu melakukan instalasi router-nya. Agar router dapat bekerja, Kalian perlu melakukan konfigurasi router.

Kalian dapat melakukannya dengan memasukan IP address atau lewat CD instalasi jiks tersedia.

8. Nyalakan Router

Ketika Kalian ingin memakai WiFi, tentunya Kalian perlu menyalakan router agar dapat menggunakannya. Saat menyelakan router pastikan setiap lampu berwarna hijau yang menandakan router berjalan dengan baik.

9. Sambungkan Jaringan ke Perangkat

Setelah router menyala, jika device-mu belum tersambung dengan jaringan router maka Kalian perlu melakukan pengaturan agar dapat tersambung. Pastikan Kalian mengoneksikan device-mu pada WiFi di rumah, masukan password WiFi.

Setelah itu WiFi akan tersambung dengan device. WiFi pun akan secara otomatis tersambung ketika perangkat baru menyala atau jika Kalian baru menyalakan WiFi-nya.

10. Reboot Jika Koneksi Mengalami Gangguan

Jika device tidak dapat tersambung dengan WiFi, langkah pertama yang perlu Kalian lakukan adalah melakukan reboot router dan matikan WiFi pada perangkat.

Kemudian lakukan “Forget Network” agar WiFi terhapus dari daftar koneksi WiFi. Jika sudah, kembali sambungkan koneksi WiFi rumah dengan device-mu lagi.

Sekarang pasti Kalian sudah paham kan cara memasang dan menggunakan router WiFi. Memang cukup mudah memasang router sendiri, tidak serumit kelihatannya. Dengan router, Kalian akan lebih produktif di rumah.


Baca juga

Advertisement

Dare to be Different!

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code