Kupas Tuntas Spesifikasi OPPO Reno 7 Z 5G Terbaru

Kupas Tuntas Spesifikasi OPPO Reno 7 Z 5G Terbaru

Kupas tuntas spesifikasi lengkap Smartphone keluaran terbaru Oppo Reno 7z 5G.
Download Aplikasi Yi Cam yang Hilang dari Playstore

OPPO akhirnya secara resmi memperkenalkan OPPO Reno7 Z 5G di Indonesia, Rabu (2/3/2022). Tidak hanya di Indonesia, ajang ini juga menandai debut perdana Reno7 Z 5G di global.

Kupas Spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G

Desain

OPPO Reno7 Z 5G menawarkan keunggulan dari segi desain. Perangkat ini dibekali dengan tekstur tiga lapisan dan proses dua lapis yang menampilkan bodi berkilau dengan tekstur mate.

Menurut kami, desain semacam ini tidak hanya menampilkan keindahan yang berkesan, tetapi juga memperkenankan sisi fungsionalitasnya, terutama berkat tekstur mate yang tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Kupas Tuntas Spesifikasi OPPO Reno 7 Z 5G Terbaru
Design compact Oppo Reno 7z 5G

Desain Reno7 5G juga unik, lantaran berbodi kotak yang memiliki tepian datar, mengajak penggunanya untuk bernostalgia dengan tampilan klasik. Meski begitu, Reno7 Z 5G masih cukup nyaman dalam genggaman.

Terlebih lagi, bodinya yang ramping hanya seringan 7,55m untuk varian warna rainbow spectrum. Bahkan dengan satu tangan pun tetap terasa nyaman untuk dipegang. Selain itu, desain kamera Reno7 Z 5G juga berbeda.

Terdapat dua sensor kamera berukuran besar yang tersusun secara vertikal, dimana menjadi daya tarik tersendiri. Beralih ke bagian depan, Reno7 Z 5G memiliki layar dengan sebuah punch hole pada pojok kiri atas layar.

Lalu sisi kanan perangkat membawa tombol daya, sementara sisi kiri memiliki tombol pengatur volume. Sedangkan sisi bawahnya memiliki port USB Type C, lubang audio 3,5mm disertai dengan lubang speaker.

Layar

Reno7 Z 5G memiliki layar seluas 6,4 inci Single Punch Hole AMOLED display. Dengan layar sebesar ini, Reno7 Z 5G mampu menyuguhkan konten secara penuh, tanpa tergganggu dengan lubang kamera di bagian atas.

Tampilan warna serta ketajaman pada layar juga terasa kian nyata berkat sertifikasi Netflix dan Amazon HD, memungkinkan kami untuk menonton konten film ataupun drama dengan kualitas tinggi.

Layar AMOLED 6.43 inc
Layar AMOLED dengan dimensi 6.43 inch

Dalam penggunaannya, layar Reno7 Z 5G sangat responsif untuk berselancar di internet, ataupun platform sosial media seperti Instagram, Facebook dan lainnya. Hal ini tak terlepas dari dukungan refresh rate 60Hz yang ditawarkan.

Begitu juga ketika Reno7 Z 5G digunakan untuk bermain game, tidak ada delay yang terjadi saat dicoba untuk menjalankan permainan dengan cepat.

Layar Reno7 Z 5G juga disertai dengan pemindai sidik jari yang sangat responsif. Kurang dari 1 detik, pemindai sidik jari dapat membuka layar yang sebelumnya terkunci. Bahkan lebih cepat daripada harus memakai kunci layar berupa pola atau angka.

Menariknya, Reno7 Z 5G dapat digunakan dalam rentang waktu yang panjang sekalipun tanpa khawatir akan merusak mata berkat adanya perlindungan mata yang diusungnya. Kami bahkan bisa menjadwalkan kapan fitur ini akan aktif, sehingga bisa aktif secara otomatis sesuai jadwal. Terdapat pilihan dari sejuk hingga hangat, sesuai dengan tingkat perlindungan yang diinginkan.

Baterai

Reno7 Z 5G hadir dengan baterai 4500mAh yang didukung dengan pengisian cepat 33W SuperVOOC. Perpaduan keduanya menjadikan Reno7 Z 5G mampu menawarkan penggunaan dalam waktu yang panjang.

Dalam penggunaan yang normal, baterai Reno7 Z 5G cukup membuat kami terkesan lantaran dapat bertahan hingga 2 hari penuh tanpa perlu diisi daya kembali.

Tidak hanya itu, pengisian dayanya juga cukup singkat, hanya sekitar 60 menit untuk mengisi baterai hingga 100 persen berkat adanya dukungan ekosistem 33W SuperVOOC milik OPPO.

Sehingga, Reno7 Z 5G dapat menemani seluruh aktivitas kami tanpa khawatir soal daya. Walaupun saatnya mengisi daya, tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan pengisian 5 menit dapat melakukan panggilan telepon selama 2 jam.

Performa

Dibekali dengan prosesor terbaru, Qualcomm Snapdragon 695 5G, performa Reno7 Z 5G menjadikannya unggul di kelasnya. Prosesor dengan 6nm telah dibekali sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya, yakni Snapdragon 690.

Performa maksimal Reno7 Z 5G dapat terasa ketika ponsel menjalankan game kelas berat sekalipun atau ketika digunakan untuk menyunting video berkualitas tinggi. Dengan membawa peningkatan kinerja CPU 15% dan GPU 30%, skor AnTuTu yang kami dapatkan dari Reno7 Z 5G seperti berikut ini:

OPPO Reno 7 Z 5G
Dibekali CPU Qualcomm Snapdragon 695 5G

Tidak hanya itu, dipadukan dengan membawa dukungan konektivitas 5G yang dapat berjalan pada band N1, N3, dan N40, OPPO Reno7 Z 5G dapat langsung terhubung dengan jaringan 5G yang tersedia di Indonesia. Sebagai contoh misalnya kami kali ini menggunakan jaringan 5G dari operator Telkomsel.

Alhasil, Reno7 Z 5G menawarkan kemampuan super cepat, baik untuk mengunduh maupun mengunggah, bahkan ketika bermain game sekalipun, membuat kami terkesan untuk ponsel di kelasnya.

Hal itu tak terlepas dari adanya dukungan fitur untuk mengoptimalkan saat bermain game, seperti AI system booster, Quick Startup, hingga Self-developed game focus mode.

Performa Reno7 Z 5G juga terasa maksimal lantaran sudah dilengkapi RAM 8GB yang masih bisa diperluas berkat RAM Expansion hingga 5GB. Dengan demikian, ponsel Reno7 Z 5G mampu memiliki total RAM hingga seluas 13 GB.

Kami juga dapat menyimpan berbagai jenis aplikasi ataupun file berupa foto, video serta audio berkat penyimpanan internal seluas 128GB. Kapasitas ini masih bisa ditingkatkan lagi hingga 1TB dengan menggunakan Micro SD.

Kamera

Membawa jargon ‘Portrait Expert’, Reno7 Z 5G dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Di bagian depan terdapat kamera selfie 16 MP.

Konfigurasi kamera ini sudah dilengkapi dengan algoritma kecerdasan buatan (AI) guna memaksimalkan foto atau video menjadi lebih berkualitas, terutama pada fitur potrait. Satu hal yang menarik perhatian kami adalah fitur Bokeh Flare yang terdapat pada kamera depan dan belakang OPPO Reno7 Z 5G.

OPPO Reno 7 Z 5G Dual Orbit Camera
Ditanami Dual Orbit Kamera super low light

Fitur ini mampu menghasilkan efek bokeh berupa lingkaran-lingkaran cahaya yang ada pada latar belakang objek, tetapi tetap menjaga detil objek tersebut.

Alhasil, Reno7 Z 5G memberikan fotografi portrait terbaik dengan pengoptimalan tingkat blur yang maksimal. Bahkan hasilnya bisa disejajarkan dengan kamera profesional, hanya saja Reno7 Z 5G berada dalam genggaman.

Di sisi lain, pengoptimalan gambar juga dilakukan dengan adanya fitur beautification yang membantu memperindah wajah secara alami, tanpa berlebihan. OPPO Reno7 Z 5G juga memiliki fitur lainnya, seperti mode malam untuk memotret dengan kondisi cahaya yang minim, mode makro yang membantu memotret objek dari dekat, Slow-Mo video, hingga Dual-View video. Berikut hasil jepretan kami menggunakan kamera Reno7 Z 5G:

Dual Orbit Light

Tidak hanya membawa desain kamera yang unik, rupanya OPPO juga menyematkan fitur tersembunyi pada sekeliling lensanya, yakni Dual Orbit Light. Sesuai dengan namanya, fitur ini merupakan ‘lampu’ yang dapat menyala ketika dalam kondisi tertentu.

OPPO Reno 7 Z 5G Dual Orbit Light Camera
Fitur Dual Orbit Light

Seperti halnya menerima notifikasi, panggilan masuk, menjalankan game atau saat mengisi daya. Fitur yang terkesan sederhana ini nyatanya sangat membantu kami dalam mengetahui adanya notifikasi yang masuk tanpa harus melihat layar.

Di sisi lain, Dual Orbit Light juga sekaligus memastikan pengisian daya dapat berjalan, berkat lampunya yang menyala. Fitur ini menampilkan cahaya kebiruan dengan beberapa tingkat warna, seperti biru sian, biru muda ataupun biru elektrik. Sehingga, makin menambah tampilannya yang menawan. Dual Orbit Light sendiri merupakan salah satu fitur eksklusif Reno7 Z 5G yang tidak hadir di jajaran Reno7 lainnya.

Fitur pendukung

OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti NFC yang memudahkan transaksi secara digital. Dengan fitur NFC, kami juga bisa mengisi ulang e-money ataupun hanya sekedar untuk mengecek saldo.

Reno7 Z 5G itu sendiri sudah menjalankan sistem antarmuka ColorOS 12 berbasis Android 11 yang menawarkan tampilan lebih fresh kepada pengguna, serta beragam fitur menarik di antaranya PC Connect dan Omoji khas OPPO.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan kami mengenai review OPPO Reno7 Z 5G. Dengan seluruh keunggulan yang ditawarkan mulai dari desain yang klasik, performa yang maksimal, kamera yang setara kamera profesional serta keberadaan dual Orbit Light, menjadikan OPPO Reno7 Z 5G ‘stand out’ di kelasnya.

Apalagi dengan harganya yang senilai Rp 5.999 juta, pengguna sudah bisa mendapatkan seluruh keunggulan tersebut dalam genggaman.

Baca Juga

Ad

hello world('print')

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code

Ad