Ikuti kami di Blogger atau di Google News
...
4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

Obat sariawan alami, terhindar dari perih dan nyeri, dan tips sariawan cepat sembuh
4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri - Sariawan kerap kali membuat pengidapnya susah makan serta minum. Nah, terdapat sebagian obat sariawan natural yang bisa Anda coba untuk menanggulangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pengobatan cedera sariawan. Dengan demikian, Anda dapat lebih aman dikala komsumsi makanan.

Penyebab pasti timbulnya sariawan belum diketahui sampai sekarang. Tetapi, sariawan di lidah, bibir, ataupun mulut bagian dalam bisa terjadi akibat peradangan virus ataupun jamur, alergi makanan, serta kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, keadaan ini juga bisa timbul dikala Anda sedang mengalami tekanan pikiran.

Tidak cuma itu, sistem imunitas badan yang bermasalah, pergantian hormon, siklus haid, kebiasaan merokok, mulut kering, serta cedera di mulut juga dapat jadi pemicu munculnya sariawan.

Obat Sariawan Alami

Sariawan umumnya akan hilang serta bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10 sampai 14 hari. Tetapi, sariawan juga dapat menetap di dalam mulut sampai berminggu - minggu hingga bahkan meninggalkan sisa cedera dan untuk mempercepat proses pengobatan sariawan, Anda bisa mencoba beberapa metode menyembuhkan sariawan secara alami dan praktis berikut ini:

1. Kumur dengan larutan garam

Berkumur dengan larutan garam dikenal efisien untuk meredakan perih, mengurangi infeksi, serta mempercepat proses pengobatan sel gusi, bibir, ataupun mulut yang terserang sariawan. Caranya bisa dengan mengombinasikan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cawan air hangat, kemudian berkumur memakai larutan tersebut sepanjang 15 sampai 30 detik. Tidak hanya garam, Anda juga dapat memakai baking soda.

2. Kompres dengan kantong teh chamomile

Chamomile memiliki senyawa antiradang serta antiseptik, diantaranya azulene serta evomenol, yang dipercaya bisa meredakan serta mempercepat proses pengobatan sariawan.

Caranya cukup mudah, hanya dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, setelah itu kompres cedera sariawan memakai kantong teh tersebut. Kompres sepanjang kurang lebih 5 menit, sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

3. Oleskan madu

Tidak hanya chamomile, madu juga mempunyai sifat antiradang serta antibakteri sehingga baik untuk menyembuhkan sariawan. Anda bisa mengoleskan madu ke cedera sariawan sebanyak 3 sampai 4 kali satu hari sampai sariawan sembuh. Jenis madu yang sangat baik untuk mengobati cedera sariawan adalah tipe madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

4. Mengkonsumsi sayur- mayur serta buah- buahan

Supaya sariawan cepat sembuh, Anda juga dianjurkan untuk penuhi kebutuhan nutrisi, semacam vit B, vit C, zinc, zat besi. Nutrisi- nutrisi tersebut dapat diperoleh dari sayur- mayur serta buah- buahan. Tak cuma sayur- mayur serta buah- buahan, bermacam- macam nutrisi untuk menanggulangi sariawan juga dapat diperoleh dari suplemen tambahan.

Tidak hanya sebagian obat alami di atas, Anda juga dapat mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair di posisi timbulnya sariawan. Magnesium hidroksida umumnya ada pada obat maag cair.

Jangan sampai lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam badan. Hal ini juga bisa menyebabkan sariawan dan mulut kering serta meningkatkan resiko kehilangan cairan tubuh. Oleh sebab itu, memperbanyak minum air putih bisa membantu menyembuhkan sariawan secara cepat.

Beberapa hal yang harus diperhatikam supaya Sariawan Tidak menjadi semakin Parah

Tidak hanya obat sariawan alami di atas, Anda bisa melakukan hal- hal berikut supaya sariawan tidak bertambah parah, diantaranya :

  • Mengkonsumsi makanan lunak yang mudah ditelan.
  • Jauhi makanan pedas, asam, dan mempunyai tekstur yang sangat keras, semacam keripik kentang serta kacang- kacangan.
  • Jauhi juga minuman manis serta berkafein, misalnya kopi, minuman bersoda, serta minuman beralkohol.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Jauhi memegang sariawan sebab bisa menimbulkan peradangan.
  • Gunakan obat kumur secara teratur.
  • Pakai sedotan saat minum, bila sariawan terasa sangat menyakitkan.

Cara Menghindari Sariawan datang Kembali

Bila Anda sudah terbebas dari sariawan, jalani hal- hal di berikut ini supaya sariawan tidak datang lagi :

  1. Hindari mengkomsumsi makanan yang bisa merangsang mulut, semacam makanan asam, panas, ataupun pedas.
  2. Jaga senantiasa kebersihan gigi serta mulut dengan menggosok gigi secara teratur 2 kali satu hari memakai gosok gigi berbulu halus serta bilas sela- sela gigi dengan benang gigi.
  3. Jauhi produk pembersih mulut yang memiliki sodium lauryl sulfate.

Bila bermacam obat sariawan natural di atas tidak membuat sariawan Anda sembuh ataupun paling tidak membaik, lekas konsultasikan ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan serta penyembuhan yang pas.

Anda juga disarankan untuk periksakan diri ke dokter, apabila sariawan timbul secara terus menerus, melebar serta menyebar, terasa sangat perih, dan berlangsung sepanjang 3 minggu atau bahkan lebih.

Baca juga

Advertisement

Dare to be Different!

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code