Cara melakukan CTRL +  F di Android

Cara melakukan CTRL + F di Android

Cara melakukan CTRL + F di android, menggunakan fitur control keyboard PC di android smartphone

How To Control + F on Android - Bagi pengguna PC/Laptop mungkin tidak asing lagi dengan fungsi kombinasi tombol keyboard CTRL + F, untuk langsung menemukan kata – kata yang dicari. Atau CTRL + C dan CTRL + V untuk copy paste text secara mudah.

Tapi bagaimana jika kita ingin mencari sebuah kata atau kalimat secara cepat pada suatu halaman web, dokumen text ataupun aplipaki berbasis text lainya ketika menggunakan android seperti halnya melakukan pencarian dengan kombinasi CTRL + F pada PC ?

Sebenarnya untuk mencari dan menemukan kata atau kalimat secara cepat pada suatu halaman di perangkat android adalah hal yang masih bisa di lakukan.

Beberapa atau hampir semua aplikasi android sudah menyematkan fitur pencarian pada aplikasi mereka.

Meskipun tidak dengan menggunakan shortcut keyboard tombol CTRL + F, namun paling tidak fungsinya adalah sama – sama untuk menemukan tulisan apa yang sedang kita cari.

Dan tujuan kita untuk menemukan kata atau kalimat yang kita cari bisa selesai dengan cepat. Tapi tetap masih ada kekurangan dalam menggunakan fitur pencarian bawaan yang ada pada aplikasi android tersebut.

Cara Menggunakan pencarian mirip CTRL + F pada Aplikasi Android

Kami sudah melakukan percobaan dengan beberapa aplikasi android yang bisa atau mempunyai fitur untuk menemukan kata secara cepat layaknya CTRL + F jika pada komputer.

Ditemukan beberapa aplikasi yang menyediakan fitur ini dan ada pula aplikasi yang tidak menyediakannya.

Beberapa daftar aplikasi android yang menyediakan fitur menemukan kata secara cepat antara lain :

  • Google Chrome
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook

Beberapa aplikasi diatas salah satunya sudah pasti ada di smartphone Kalian. Dan kabar baiknya didalam aplikasi tersebut menyediakan fitur pencarian.

Selain aplikasi diatas masih banyak lagi aplikasi lain yang memilki fitur pencarian. Bahkan mungkin hampir semua aplikasi sudah memiliki fitur ini, hal ini diperlukan untuk memudahkan pengguna menemukan kata tertentu didalam aplikasi tersebut.

Apakah perlu menggunakan CTRL + F pada Android?

Bagi Kalian yang menggunakan aplikasi diatas hanya untuk sekedarnya saja, fitur pencarian kata yang diberikan sudah lebih dari cukup.

Tapi Jika kalian sering menggunakan PC dalam pekerjaan sehari - hari dan ingin tetap produktif dengan menggunakan Smartphone, fitur CTRL + F mungkin akan sangat diperlukan.

Kapan perlu menggunakan fitur CTRL + F?

Jika kalian merasa fitur pencarian yang ada pada aplikasi tidak bisa memberikan hasil yang maksimal, maka Kalian perlu menggunakan CTRL + F ini.

Asumsikan bahwa Kalian adalah penulis artikel dengan ratusan bahkan ribuan kata, atau programmer yang biasa menuliskan barisan kode rumit. Maka penggunaan shortcut keyboard akan sangat dibutuhkan.

Bagaimana cara menggunakan fitur CTRL + F pada android?

Ada beberapa cara yang bisa Kalian lakukan untuk bisa menggunakan fitur CTRL + F dan shortcut lainya pada android dan smartphone lainya.

Menggunakan keyboard fisik

Beberapa smartphone berukuran besar atau yang lebih dikenal dengan tablet mungkin sudah dibekali dengan keyboard fisik yang bisa dipakai dan dilepas jika tidak diperlukan.

Kalian juga bisa menggunakan keyboard fisik pada smartphone dengan menancapkan kabel keyboard kedalam port USB pada smartphone kalian dengan alat tambahan yaitu kabel OTG yang berfungsi merubah ukuran USB standar ke mini USB. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menyambungkan Mouse dan juga USB Flashdisk.

Kalian juga bisa menggunakan jenis keyboard wireless yang banyak beredar di online shop. Keyboard ini menggunakan bluetooth untuk bisa terhubung dengan android atau smartphone.

Menggunakan Aplikasi keyboard

Ada banyak sekali aplikasi keyboard pihak ketiga yang bisa Kalian temukan di Google playstore. Tapi hanya ada beberapa saja yang memberikan fitur CTRL. Berikut ini adalah beberapa aplikasi keyboard dengan fitur CTRL yang bisa Kalian coba.

1. Hacker's Keyboard

Hacker's Keyboard buatan Klaus Weidner ini sudah direview sebanyak 56,805 pengguna dengan rating 4.1. Kalian bisa download gratis di playstore dan kabar baiknya tidak ada versi PRO untuk aplikasi ini.

Fitur Keyboard
Keyboard ini menawarkan beberapa fitur yang biasanya ditemukan pada PC, diantaranya :

  • Cursor Arrow Keys
  • Page Up / Page Down
  • Ctrl and Alt
  • Tab
  • Escape

Technical Keyboard

Hacker's Keyboard buatan NextApp, Inc. ini sudah direview 2,661 pengguna dengan rating 4.3. Versi saat ini adalah versi BETA.

WHAT'S NEW
Semua fitur sekarang gratis, termasuk tema dan fitur vibration. Tidak ada kadaluarsa untuk pengguna versi beta.

Fitur Keyboard
Keyboard ini memiliki function key ("Fn") yang biasa ditemukan pada PC san MAC, termasuk diantaranya :

  • Cursor Arrow Keys
  • Page Up / Page Down
  • Insert, Delete, Home, and End.
  • Function F1
  • F12.
  • Ctrl and Alt
  • Tab
  • Escape

Kesimpulan

Selain aplikasi diatas Kalian bisa mencoba aplikasi lain yang sejenis, banyak aplikasi keyboard gratis tapi tidak semua mempunyai fitur CTRL yang dibutuhkan.

Sekian cara menggunakan fitur CTRL + F pada android dan smartphone lainya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Advertisement

hello world('print')

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code

Advertisement