Ikuti kami di Blogger atau di Google News
...
Makan Micin Bikin Bodoh, Mitos atau Fakta?

Makan Micin Bikin Bodoh, Mitos atau Fakta?

Fakta tentang micin yang ternyata belum kita tahu, mitos atau fakta tentang micin
Makan Micin Bikin Bodoh, Mitos atau Fakta?
Jangan pakai micin, bahaya, nanti bodoh atau jangan pakai micin tidak bagus bagi tubuh atau jangan pakai micin nanti sakit.

Dan masih banyak lagi argumentasi seperti ini di sekeliling kita.

Apakah benar micin berbahaya jika dikonsumsi?

Micin adalah sebutan umum untuk Monosodium glutamat alias MSG yang kita kenal sebagai salah satu bahan penguat rasa yang digunakan oleh ibu-ibu di dapur ketika memasak.

Apa lagi yang biasa pakai penguat rasa gurih nya, tidak lepas dari bahan yang satu ini. Penggunaan MSG ini masih simpang siur begitu, semacam perdebatan tiada akhir karena setiap ditanya kenapa, pasti jawab nya "kata si A, kata tetangga saya dan kata nya" karena galau, ya terpaksa ikutan tidak pakai micin.

Monosodium glutamat adalah bahan yang mengandung sodium (alias natrium), glutamat dan air.

Ketiga bahan tersebut adalah zat gizi. Di sana ada kata sodium, nah sodium ini sama saja dengan natrium. Dan tau natrium ada di mana ?

di Garam !!! Jadi, kalo garam itu (NaCl) alias natrium klorida nah micin ini natrium glutamat. Beda nya yang satu klorida, yang satu glutamat.

Apa itu Glutanat ? ?

Glutamat ini asam amino non-esensial. Dia bisa diproduksi dalam tubuh, Peran nya dalam tubuh adalah untuk metabolisme fungsi otak dan otot.

Jadi di tubuh manusia itu ada 20% protein. Nah 20% dari protein tersebut adalah kandungan glutamat. Tidak cuma di dalam tubuh tapi kandungan glutamat ini bisa didapatkan di ikan, sayur, buah dan bahkan ASI !!!

MSG ini dibuatnya dari apa ?

Biasa nya dari tebu, ada juga yang dari ekstrasi lobak, singkong dan gandum. Bahan alami. Gula juga dari tebu. Tepung juga dari gandum kan yah. Jadi si tetes tebu atau singkong ini difermentasi pake bakteri Brevi-bacterium lactofermentum, terus ditambahin garam biar mengkristal deh.

Makanya yang kita lihat micin ini kapya bubuk kristal gitu kan yah.

Manfaat MSG

Makan Micin Bikin Bodoh, Mitos atau Fakta?

Kandungan sodium di 5 gram garam setara 2000 mg micin atau MSG, sementara 5 gram MSG sodiumnya hanya 600 mg. Makanya, penggunaan micin ini baik untuk menggantikan garam bagi penderita hipertensi karena sodiumnya lebih kecil. Ditambah lagi, glutamat itu bikin gurih. Gurih itu menguatkan rasa, jadi lebih enak. micin bisa dijadikan bahan untuk penambah nafsu makan.

Manfaat lain, MSG meningkatkan cairan ludah jadi gampang menelan (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung lho! (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman mengkonsumsi micin

Dosis konsumsi MSG

U.S Food and Drug Administration (USDFA), dianjurkannya kita konsumsi micin itu 1,5 gram perhari. Itu sebanyak apa sih? Menurut sampling, Bang Ijul, tukang bakso, akan memberikan 0,5 gram micin dalam satu mangkok. Berarti kalau kita makan 3 mangkok bakso dan kuahnya dihabiskan, baru tuh kita makan 1,5 gram micin.

Pernah liat micin merek S**a yang paling kecil kemasannya? Itu kan 5 gram. Nah, saya bakalan masukin itu semua kalo lagi bikin rendang daging 1 kilo.

Proses Micin dalam tubuh

Natriumnya bekerja sebagaimana garam pada natrium, sementara glutamatnya bekerja sebagaimana glutamat dalam tubuh bekerja. Seperti dijelaskan diatas, glutamat berfungsi dalam proses metabolisme.

Apakah orang luar negri makan micin?

Amerika menggunakan 12,0 gram glutamat perhari (11 gram dari makanan; 1,0 gram dari micin). Jepang menggunakan 15,9 gram glutamat perhari (14 gram dari makanan; 1,9 gram dari micin).

Kajian Keamanan Glutamat dilakukan oleh 4 badan, diantaranya;

FAO dan WHO, European Food Safety and Authority, National Academy of Sciences dan USDFA.

Peraturan tentang Micin di Indonesia

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 722/ Menkes/ Per/ IX/ 88 Tgl. 20/09/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan (BTP): “MSG adalah BTP penguat rasa yang diizinkan dengan batas maksimum ‘secukupnya’ (sewajarnya sesuai dengan tujuan penggunaannya) Berarti sama kaya gram dan gula, sewajarnya : INGAT SEWAJARNYA YAA, JANGAN DI UYUP...

Jadi, amankah MSG itu ?

Kesimpulan ulasan, yaitu: AMAN! Yang tidak aman itu kalau berlebihan. Jangankan micin kalau kelebihan pasti badan tidak enak dan mual, garam aja deh contohnya. Kalo makan banyak garam pasti pusing! Itu karena tekanan darah naik.

Sama seperti kebanyakan karbohidrat di pagi hari, pasti ngantuk. Maka nya, sarapan tuh roti aja jangan nasi uduk !!!

Apakah Glutamat aman buat orang sakit ?

Lihat infusan komposisinya ada L-glutamic acid. Jadi, masih ada yang mau mengatakan bahwa micin bikin bodoh ? atau berbahaya ???... Vetsin alias micin atau MSG sangat BERBAHAYA kalau kita MAKAN LIMA BUNGKUS sehari sekaligus!

Baca juga

Advertisement

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code