15 Rekomendasi Google Font Terbaik

15 Rekomendasi Google Font Terbaik

15 font pilihan terbaik untuk blog, website dan desigm grafis. google font free

Ada 1052 lebih jenis Font-family Google yang tersedia secara gratis. Pilihan yang pastinya terlalu banyak dan sedikit membuat bingung! Berikut ini kami pilih rekomendasi font terbaik yang bisa Kalian coba.

Kenapa menggunakan Google Font?

Ada ribuan font storage di internet, Lalu apa yang membuat Google Font begitu istimewa?

Pertama, karena Google font gratis! Selain itu, Google Fonts juga dikelola dan di-deliver langsung oleh Google, yang artinya dijamin aman.

Tentu saja, ada banyak situs web lain yang bida Kalian kunjungi untuk mengunduh font secara gratis, tapi dalam segi security tidak ada yang tahu. Ditambah lagi kualitas font juga terkadang menjadi pertanyaan.

Google telah memilih lebih dari seribu font berkualitas. Jika Anda bukan seorang graphic designer dengan mata yang sangat jeli dalam hal tipografi, maka jumlah itu adalah pilihan yang lebih dari cukup.

Kedua, tidak ada batasan lisensi penggunaan. Semua font yang ada dalam Google Font bersifat open source dan gratis digunakan bahkan untuk komersil sekalipun. Kalian bisa mengunduh atau memasangnya di web, dan bahkan lebih dari itu.

Sebagian besar font yang ada biasanya menggunakan lisensi Open font

Walaupun begitu, jika Kalian berniat menggunakan font untuk projek besar, harus tetap berhati - hati dan pelajari dengan benar lisensinya. Jangan sampai Kalian terjerumus karena menggunakan font tanpa lisensi komersial.

Terakhir, cara menambahkan Google Font ke dalam website sangat mudah dengan menggunakan Google Fonts API. Atau, Kalian bisa mengunduh dan menghosting langsung ke server.

Dari segi tampilan, Google font mungkin cenderung lebih sederhana dibanding dengan font berbayar.

Font apa yang Harus Dicari di Google Font

Disarankan untuk belajar memilih jenis font yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk Blog. Pemilihan tipografi bisa membuat tampilan blog kalian sempurna atau justru bisa merusak blog Kalian.

Sekilas terkesan tidak begitu penting, tapi tipografi yang Kalian gunakan bisa mempengaruhi pembaca untuk menikmati artikel atau menutup blog kalian begitu saja.

Memilih font yang tepat adalah sesuatu yang sulit dan butuh bertahun - tahun bagi seorang graphic designer untuk menguasainya, tetapi dengan beberapa prinsip dasar, Kalian akan bisa memilih font yang sesuai untuk Blog Kalian.

Tanpa berlama - lama, berikut ini adalah daftar font terbaik berdasarkan banyaknya pengguna yang bisa Kalian coba.

1. Roboto

Roboto adalah font berjenis sans-serif yang dibuat oleh Christian Robertson, dikembangkan Google sebagai font sistem untuk Android. Sekarang sangat populer, hadir dalam 12 gaya berbeda, dan membuat banyak tampilan di analytics Google Fonts.

2. Open Sans

Open Sans Condensed adalah font yang sangat mudah dibaca yang dibuat oleh Google dan terinspirasi oleh pendahulunya Droid Sans. Google juga menggunakan Open Sans di beberapa situs web dan iklan cetak.

3. Lato

Lato adalah pilihan populer lainnya dari ukasz Dziedzic. Menyeimbangkan tujuan yang saling bertentangan, menghasilkan font sans-serif yang unik dan ringan.

4. Montserrat

Montserrat adalah font sans-serif dari Julieta Ulanovsky, yang tinggal di lingkungan eponymous Montserrat di Buenos Aires. Dengan 18 gaya berbeda mulai dari yang ringan hingga yang berat, memberikan Kalian banyak pilihan.

5. Oswald

Oswald adalah font sans-serif yang dikembangkan oleh Vernon Adams. Dirancang dengan gaya Gotik Alternatif yang berbeda, dibuktikan dengan goresannya yang berani.

6. Source Sans Pro

Source Sans Pro adalah font sans-serif yang dibuat untuk Adobe dan font open-source pertama Adobe. Dibuat oleh Paul Hunt, tulisannya yang ringan terlihat bersih dan mudah dibaca.

7. Slabo 27px/13px

Slabo adalah font serif yang dikembangkan oleh John Hudson dari Tiro Typeworks. Font ini dirancang khusus untuk ukuran tertentu — baik 27px atau 13px, tergantung pada kebutuhan.

8. Raleway

Dengan 18 gaya berbeda, Raleway adalah jenis font-family sans-serif besar lainnya, yang awalnya dibuat oleh Matt McInerney. Terdapat jenis Raleway Dots yang menawarkan gaya serupa dengan pendekatan bertitik yang dapat digunakan untuk headline besar .

9. PT Sans

PT Sans dikembangkan oleh "Public Types of Russian Federation", mencakup karakter Latin dan Cryllic. Ada juga beberapa font lain dalam keluarga PT, termasuk beberapa jenis serif.

10. Merriweather

Nama Merriweather mencerminkan ide desain yang menyenangkan, dan itulah tujuan desainernya. Meskipun tidak begitu populer, Merriweather Sans adalah proyek dua cewek yang sangat cocok untuk mereka.

Selain 10 font diatas, Ada beberapa font baru yang tidak kalah keren yang bisa menjadi pilihan tambahan untuk Kalian.

Berikut adalah beberapa font favorit kami yang belum banyak muncul di analitik.

11. Noto Sans / Serif

Noto Sans adalah font yang ditugaskan Google yang hadir dalam versi serif dan sans-serif. Di update secara utin, dan sekarang ada lebih dari 100 font Noto, dengan update baru.

Tujuan Noto adalah untuk menutupi semua abjad dan karakter dari berbagai bahasa yang berbeda. Derivatif didalamnya termasuk Noto Sans KR dan Noto Sans JP yang populer .

12. Nunito Sans

Nunito Sans adalah font sans-serif yang semakin populer. Penggunaannya tumbuh tiga kali lipat antara 2018 dan 2019, dan semakin populer setiap tahun.

13. Concert one

Concert One adalah jenis huruf tumpul sedikit aneh cocok untuk headline. Desainnya yang tidak biasa pasti akan menarik perhatian.

14. Prompt

Prompt adalah jenis sans-serif dibuat oleh perusahaan desain komunikasi Thailand bernama Cadson Demak. Ini loopless (setara dengan sans-serif dalam bahasa Thailand) dan mencakup karakter Thailand dan Latin.

15. Work Sans

Work Sans adalah font sans-serif yang dioptimasi untuk digunakan pada layar. Para desainer merekomendasikan untuk menggunakan gaya kelas menengah mulai dari 14px-48px.

Kesimpulan

Jika kalian kesulitan dalam menentukan satu pilihan font pada Google font, maka coba sampai Kalian melihat hasil saat sudah terpasang pada Blog Kalian.

Baca Juga

Advertisement

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code

Advertisement