...
Cara Ganti Template Blog yang Aman

Cara Ganti Template Blog yang Aman

Beberapa pertimbangan dan cara ganti template yang aman untuk Blogger dan Wordpress.

Mungkin sebagian dari Kalian sudah melihat review template iMagz landing page dari Jago Desain. Lalu bagaimana pendapat Kalian?

Cara Ganti Template Blog yang Aman

Kalau dulu kita mungkin bingung menentukan pilihan antara Fletro atau Median UI dikarenakan fitur keduanya sama-sama kita butuhkan untuk Blog kita. Dan timbul pertanyaan kenapa fitur pada template Median UI tidak ada di template Fletro pro dan sebaliknya.

Mungkin menjawab pertanyaan itu sang kreator Muhammad Maki me-Release template barunya yaitu iMagz dengan penambahan Landing page dan segudang fitur lainya yang dikabarkan juga nantinya akan dikembangkan untuk blog template wordpress

Akan tetapi, kemunculan template iMagz ini justru memunculkan kegalauan baru bagi kita yang sudah nyaman menggunakan template Median UI atau Fletro Pro. Apalagi sudah banyak customisasi yang sudah kita lakukan.

Lalu bagaimana kalau kita sudah tertarik menggunakan template iMagz?

Pertimbangan sebelum mengganti template Baru

Tidak ada salahnya jika Kalian ingin mengganti template yang sudah ada dengan template blogger yang baru, tapi sebelum itu ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, diantaranya :

  1. Template Original

  2. untuk kalian yang punya dana lebih, tidak ada salahnya mengganti template yang kalian pakai dengan template blogger atau worpress yang baru. Tapi dengan cara yang legal ya, karena untuk dukungan teknis kedepanya. Pastiya gak mau kan kalau blog yang sudah kalian bangun lama akan rusak karena template ilegal/clone yang banyak script berpotensi spam atau scam.

  3. Perubahan struktur HTML

  4. Mengganti template blog adalah mengganti semua struktur html dalam sebuah blog semuanya akan ikut berubah dan hal ini dapat merusak struktur seo yang telah tersusun dengan rapi.

  5. Perubahan Link Crawl

  6. Apapun yang terjadi, sekeren apapun template yang dipilih perhatikan struktur crawl seperti post dan author. Kegagalan perayapan crawl oleh google-bot akan menyebabkan turunya pengunjung secara signifikan.

  7. Turunnya kualitas SEO dan SERP Website/Blog

  8. Tahukah Kalian semakin baik template website maka semakin baik juga SEO pada mesin pencari. Dengan template yang berkualitas akan memberikan optimasi SEO yang baik namun sebaliknya jika salah memilih template maka kualitas SEO pun akan turun dan yang terburuk adalah mengalami penurunan peringkat pada mesin pencari. Biasanya tiap template memiliki grade masing-masing dari grade A hingga F grade A memiliki kualitas kecepatan yang terbaik. Untuk cek silahkan gunakan GTmetrix dan sejenisnya.

  9. Pengaturan Struktur Website/Blog

  10. Setiap template memiliki kode html yang berbeda-beda maka ketika mengganti template website akan mengganti juga pengaturan yang sebelumnya. Jadi saat mengganti maka tampilan belum tertata dan masih acak hal ini akan lebih menyulitkan untuk mengatur semua apalagi jika Kalian masih belum terlalu mahir dalam pemrograman html dan lain-lain

  11. Naiknya Spamscore (SS) Website/Blog

Belum ada artikel pasti yang menjelaskan pengaruh mengganti template terlalu sering dengan nilai spamscrore pada blog. Namun hal ini patut Kalian perhatikan. Untuk kalian yang sedang mengelola blog pasti akan menjaga supaya spamscore Blog Kalian tetap tendah. Dan lebih dari itu berdasarkan pengalaman pribadi, mengganti template secara tidak tepat akan menyebabkan pemblokiran/suspend blog kita secara sepihak oleh Google.

Cara ganti template blog secara aman

Disini saya akan berbagi tips mengganti template baru blog agar visitor blog Kalian bisa naik dan tidak turun, sebagai berikut:

1. Pilih template blog yang Baik & berkualitas.

Ada banyak sekali template yang bisa Kalian download dan bisa Kalian gunakan, baik template gratisan maupun template premium (berbayar), namun sebelum Kalian gunakan, sebaiknya Kalian pastikan bahwa template yang Kalian pilih adalah template blog yang baik dan berkualitas,

Beberapa kriteria template blog yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut:

A. Ringan

Template ringan atau loadingnya cepat, ingat template ringan adalah salah satu yang bisa mempengaruhi peringkat halaman di mesin pencari, karena loading speed sudah menjadi bagian dari google ranking faktor, semakin ringan loading sebuah template maka itu semakin baik.

B. Mobile friendly

Template mobile friendly adalah template yang sangat ringan jika diakses menggunakan perangkat mobile, dan tampilan akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang digunakan tanpa harus scroll ke kiri dan ke kanan, ini sangat diutamakan apalagi sekarang mobile friendly sudah menjadi google ranking faktor yang akan mempengaruhi rangking blog di hasil pencarian.

C. Responsive

Template responsive adalah template yang tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang mengaksesnya, dan pengguna tidak harus scroll layar ke kiri dan ke kanan.

D. Memiliki strukturdata yang baik

Struktur data meskipun bukan faktor seo akan membantu google menampilkan informasi blog Kalian secara lebih baik ketika ditemukan di hasil pencarian, struktur data secara tidak langsung memiliki korelasi dengan seo.

E. Memiliki Ukuran File yang kecil

Ukuran file yang kecil mewakili bahwa struktur kode template baik, dan dapat mempengaruhi kecepatan loading template tersebut, semakin kecil ukuran file maka akan semakin baik.

2. Mengukur kualitas Template Blogger?

Untuk mengukur kualitas template mulai dari struktur data, pagespeed dan valid tidaknya struktur HTML pada blog, ada beberapa tool khusus yang dapat Kalian coba. Diantaranya adalah sebagai berikut :

3. Backup Template lama Kalian sebelum diganti

Jangan lupa backup template lama Kalian sebelum diganti, tujuannya adalah jika terjadi hal-hal buruk setelah melakukan penggantian template yang tidak dapat Kalian kontrol maka Kalian bisa mengembalikan blog Kalian ke template blog yang lama.

4. Pindahkan kode penting pada template lama ke template baru

Sebelum ganti template sebaiknya Kalian pastikan bahwa kode-kode penting yang digunakan ditemplate yang lama sudah dipindahkan pada template baru.

Kode -kode penting blog biasanya berupa meta yang letaknya ada diantara kode <head> dan </head> atau &lt;!--<head>--&gt;&lt;/head&gt; bisa Kalian lihat di kode HTML template blog Kalian.

Meta tersebut menyimpan informasi penting blog Kalian yang dapat dipahami oleh robot mesin pencari (google bot), agar googlebot tidak pusing dengan template baru Kalian sebaiknya kode-kode meta tersebut dipindahkan pada template blog baru sebelum diganti dan pastikan sama.

Beberapa kode penting template blog adalah sebagai berikut :

A. Meta tag

Pastikan semua <meta> tag template lama sama dengan meta tag template baru.

B. Kode Sife Verification

Jangan lupa pindahkan kode verifikasi Google dan Bing webmaster tool. Jika pada template Kalian belum memiliki kode diatas sebaiknya segera Kalian daftarkan, agar blog lebih mudah muncul di mesin pencari.

C . Kode Meta Opengraph

Kode <meta> Opengraph tidak kalah penting dan tidak jarang terlewat saat mengganti template.

Cara memindahkannya agar lebih mudah, silahkan buka dashboard blog editor html template lama, kemudian buka template blog baru pakai notepad++ atau pake notepad, silahkan bandingkan dan pindahkan kode-kode penting dari template blog lama ke template blog baru, lalu simpan.

5. Uji coba template baru Kalian.

Sebelum template baru digunakan, disarankan melakukan ujicoba template baru Kalian  untuk memastikan bahwa template sudah bekerja dengan baik, silahkan gunakan blog ujicoba Kalian untuk mencobanya.

6. Ganti template pada Jam-jam sepi pengunjung

Sebaiknya ganti template baru blog di jam-jam pada saat pengunjung sepi, biasanya dini hari sekitar jam 1 s/d jam 4 subuh pengunjung sangat sepi.

Ini bertujuan agar penggantian template tidak menngganggu kenyamanan pengunjung, dan biasanya google index sangat inten ketika pengunjung membludak. ketika pengunjung sepi googlebot yang bertugas mengindex template akan bekerja lebih lambat.

Lakukan penggantian template secara cepat agar tidak banyak mempengaruhi pengalaman pengguna yang sedang online.

Kalian bisa mengganti template secara manual (mengcopy kode HTML template blog baru kemudian paste di dashboard HTML editor template lama) atau bisa juga menggunakan layanan ganti template yang sudah disediakan oleh blog.

7. Lakukan update artikel sesering mungkin

Setelah melakukan penggantian template disarankan Kalian sering melakukan posting artikel untuk lebih sering mengundang google bot agar dapat mereindex bagian-bagian penting pada template blog baru Kalian.

Alangkah baiknya Kalian sudah mempersiapkan beberapa artikel postingan sebelum melakukan penggantian template blog baru, agar ketika diganti posting artikel sudah siap.

Kesimpulan

Penggantian template memang sangat mudah, dan jika dilakukan dengan cara-cara yang baik dan benar, maka performa blog Kalian akan tetap baik bahkan bisa menjadi lebih baik, jika dilakukan kurang tepat untuk beberapa kasus penggantian template bisa berdampak buruk dan berdampak pada turunnya visitor blog.

Cara di atas adalah cara yang biasa saya gunakan ketika melakukan penggantian template, dan kebanyakan setelah penggantian template visitor blog cendrung meningkat. seperti blog saya ini saya sudah 3 kali mengganti template dan pengunjung lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga

Advertisement

Dare to be Different!

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan seputar topik artikel diatas! Atau pertanyaan out of topic di .
Use this tools to convert basic comment to html characters, then copy it to comment form


image quote pre code

Advertisement